Selasa, 28 Oktober 2008

TEKHNIK BERCERITA DALAM MANGA

• Wajah dan figur sederhana
Fungsinya untuk memancing identifikasi pembaca

• Kesan tempat yang kuat
Rincian lingkungan yang dipicu ingatan indrawi dan ketika dipertemukan dengan karakter ikonik, memancing efek masking

• Panel bisu
dalam panel tersebut gak ada tulisannya tapi lebih fokus ke gambar dan biasanya berupa kepingan cerita tiap adegan


• Gerak subyektif
penggunaan latar yang tidak jelas membuat pembaca bergerak bersama si karakter, bukan hanya gerakan monoton

• Kematangan genre
Pehamahaman cara bercerita yang unik mendorong terciptanya ratusan genre seprti olahraga, roman, fiksi ilmiah, fantasi, bisnis, horor, komedi, de...el...el...

• Rancangan karakter
Jenis karakter sangat beragam, menampilkan tipe wajah dan tubuh yang sangat berbeda dan sering menggunakan arketip yang kita kenal

• Rincian dunia nyata
Sampai ke hal-hal kecil sebuah apresiasi untuk keindahan ada kaitannya dengan nilai pengalaman sehari-hari

• Efek ekspresive emosional
Jendela bagi pembaca unuk melihat apa yang dirasakan si karakter


Tidak ada komentar: