Selasa, 11 November 2008

pEngaRuh aNIme daLAm keHidupan qTa

Pada tahun 80-an pertama kali Indonesia dibanjiri oleh film kartun & anime. Mungkin pembaca ingat dengan judul Voltus V, The Transformer, Popeye the sailor dan masih banyak lagi.

Sampai sekarang film-film tersebut mungkin aja masih berkesan. Kenapa bisa gitu ? Sadar atau gak sadar, film anime tersebut telah memberikan warna tersendiri dalam kehidupan kita.

Pengetahuan datang dalam

berbagai bentuk dan salah satunya adalah dari film yang kita tonton. Film anime pun termasuk salah satunya. Film Voltus V (atau judul internasionalnya Voltes V ) menceritakan tentang perjuangan ilmuwan dan 5 anak muda yang mempertahankan Bumi dari serangan makhluk ruang angkasa.

Dalam film tersebut dikisahkan bahwa untuk dapat membentuk robot Voltus V dan mengalahkan robot musuh maka 5 anak muda tersebut yang masing-masing mengendarai pesawat sendiri harus bersatu untuk membentuk robot Voltus V.

Secara tidak langsung, hal tersebut mengajarkan kita bahwa kerjasama adalah merupakan hal yang penting untuk mencapai tujuan tertentu. Apabila salah satu pesawat tersebut tidak bergabung maka tidak akan ada robot Voltus V dan kemungkinan besar tujuan mereka untuk mempertahankan Bumi tidak akan tercapai.

Film lainnya yang cukup terkenal adalah Slam Dunk yang sempat diputar salah satu stasiun tv di Indonesia. Film anime tersebut mengisahkan tentang seorang anak SMU yang berjuang dalam bidang olahraga basket sebagai upaya merebut hati seorang gadis. Dari niat yang pertama kali hanya main-main (agar terlihat keren di mata si gadis), lambat laun pemuda tersebut bersungguh-sungguh dalam perjuangannya agar dapat menjadi pemain no.1 dalam dunia basket.

Dan masih banyak lagi film anime yang kalau diceritakan tidak akan ada habis-habisnya.

Masih banyak orang yang meremehkan film anime, dan menganggap bahwa film anime hanya untuk anak-anak. Tetapi hal tersebut sekarang ini mulai berubah, dan film anime mulai mendapat tempat tersendiri dalam hati penontonnya. Saat ini banyak film anime yang mendapat rating tinggi atau bahkan mendapatkan penghargaan di dunia internasional, seperti film anime dengan judul Princess Mononoke yang mengisahkan kerusakan alam karena ulah manusia.

Oleh karena itu mari mulailah kebiasaan untuk menonton film anime.

Tidak ada komentar: